KESEHATAN YANG TERGANGGU


Mengorok Tanda Kesehatan Terganggu
Fitryan G.Dennis/Firmansyah

Minggu, 23 May 2010 23:18

dengkurdengkurDENGER suara orang ngorok atau mendengkur pastinya menjengkelkan. Tidur pasti terganggu. Tapi mau dikata apa, dilarang pun tak bisa.

Tahukah Anda bahwa mendengkur ternyata berindikasi kesehatannya terganggu. Adanya gejala kesehatan ini diungkapkan oleh Volker Schilling, Dokter Kepala Unit Bedah Kepala dan Tenggorokan dan Gangguan Telinga, Hidung Tenggorokan (THT) di Klinik Vivantes distrik Neukoelln, Berlin, Jerman.

Katanya, mendengkur merupakan gangguan akibat terhalangnya aliran udara yang melalui saluran yang terletak di bagian belakang rongga mulut dan hidung. Pada saat otot di langit-langit dan uvula (bagian dari langit-langit yang membentang dari bagian atas hingga hingga pangkal lidah) dalam keadaan relaks, mereka dapat bergetar yang menghasilkan suara yang ribut saat si pendengkur bernafas.

Ada banyak faktor yang juga ikut memberi kontribusi mendengkur. Faktor-faktor itu, antara lain kelebihan berat badan dan makan menjelang tidur malam. Kondisi ini membuat tubuh sibuk bekerja dan mencerna pada saat orang yang bersangkutan tidur malam.

dengkur1dengkur1Selain itu, si pendengkur menderita kelainan yang sangat serius, yaitu “sleep apnea”. “Apnea adalah gangguan yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas, sehingga menyebabkan berhentinya kegiatan bernapas untuk beberapa detik atau bahkan dapat mencapai satu setengah menit (90 detik).

“Situasi tertutupnya saluran masuknya udara menyebabkan kurangnya oksigen di dalam darah,” kata Schilling. Ia menyatakan, orang yang mengalami hal itu otot-ototnya kemudian menjadi kejang, sehingga ketegangan itu membuat orang tersebut yang semula tidur nyenyak menjadi tidur yang tidak tenang dan mudah terbangun.

Diagnosa apnea dapat di lakukan di laboratorium tidur. Para penderita biasanya pergi ke dokter dengan keluhan umum yakni masalah gangguan kesehatan yang biasanya tidak spesifik.

“Si pasien biasanya mengeluh bahwa mereka merasa sangat letih pada pagi hari, walaupun mereka merasa cukup tidur di malam hari,” kata Susan Schwarting, Ketua Ikatan Dokter Ahli Gangguan Masalah Tidur dan Gigi yang berkantor pusat di Berlin.

dengkur2dengkur2Tindakan medis untuk membantu pasien pendengkur yang ringan sampai pasien apnea tingkat sedang adalah membuat pelebaran lapisan mandibular yang menyerupai “orthodontic brace” (rangkaian kawat gigi) yang terbuat dari plastik.

“Alat itu menarik rahang bawah dan lidah bersamaan dan posisinya maju ke depan, sehingga mencegah lidah menghalangi tertutupnya saluran udara masuk saat sedang tidur,” kata Schwarting. Selain itu ada prosedur melalui tindakan bedah untuk menyembuhkan masalah mendengkur dan apnea namun tidak selamanya tindakan itu dapat berhasil.

Sementara itu sebuah penelitian lain mencoba mengulas hasil penelitian tentang teknik pengobatan yang dilakukan melalui operasi pada bagian dalam mulut. Bagian ini seringkali bergetar dan memunculkan suara di saat mengorok, yakni jaringan pada anak tekak dan langit-langit mulut pasien. Teknik yang mereka kembangkan ini dinamakan Modified Radiofrequency-Assisted Uvulopalatoplasty (MRAUP).

dengkur4dengkur4Adanya gangguan mengorok membuat sekumpulan masyarakat di Berlin mendirikan museum tentang orang mengorok. Museum itu bernama Schnarch-Museum Alfeld atau Museum Mengorok Alfeld yang bermarkas maya di http://www.schnarchmuseum.de. Museum ini didirikan oleh The Alfelder Schlafapnoe- Gesellschaft (ASG), yakni perkumpulan masyarakat di Alfeld yang memiliki perhatian terhadap apnea.

Museum ini menampilkan berbagai macam perangkat penanggulangan mengorok dari berbagai belahan dunia, yang kuno dan modern. Selain perangkat elektronik dan non-elektronik berbentuk unik, museum yang buka Sabtu Ahad ini memamerkan pula berbagai macam obat-obatan yang diramu untuk membantu meringankan penderitaan para pendengkur.

Adalah teman Anda atau keluarga Anda yang mengorok? Silakan mengunjungi museum itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: